Apa itu USB OTG - Menghubungkan FlashDisk dengan Android

Apa itu USB OTG - Menghubungkan FlashDisk dengan Android
Penjelasan Lengkap seputar USB OTG

Pengertian OTG
Bagi sebagian pengguna android mungkin istilah ini cukup asing, meskipun pada kenyataannya ini bukanlah sebuah fitur baru. Secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat android (baik smatphone / ponsel  maupun tablet android ) dengan Flashdisk atau perangkat / media lainnya. Namun perlu diketahui tidak semua perangkat android dapat menjalankan fungsi USB OTG.

kabel USB OTG
USB OTG
Apa itu USB OTG ?
OTG adalah singkatan dari On-The-Go, Sedangkan USB OTG adalah USB OTG adalah singkatan dari universal serial bus on the go. Secara sederhana dapat dikatakan sebagai kabel USB yang dapat menghubungkan perangkat android ke berbagai perangkat / media penyimpanan lainnya.

Pada kelanjutannya Arsitektur kabel USB OTG ini tidak hanya untuk menghubungkan android dengan flashdisk saja namun memungkinkan kita untuk melakukan transfer data, baca tulis isi sebuah memory penyimpanan dan banyak lagi seperti membuka isi android di media lain misalnya televisi dan lain sebagainya.

Dengan kata lain USB OTG adalah adaptor untuk menghubungkan Android dengan perangkat / media lainnya.

Fungsi USB OTG Android
Secara standar dapat memindahkan file dari dan ke flashdisk / media lainnya, bisa juga memutar musik video dari flashdik di Android anda dan file lainnya. Fungsi lainnya mungkin perlu alat atau perlakuan khusus pada android anda seperti perlu akses root / super user (telah di rooting).
berikut berbagai hal yang bisa dilakukan dengan USB OTG:
  • Baca-Tulis isi Flashdisk ( 
  • Pembacaan Keyboard dan Mouse
  • Baca-Tulis isi Kartu Memori 
  • Baca-Tulis isi Harddisk External / SSD
  • Penggunaan DSLR Controller bersama DSLR Camera
  • Penggunaan Modem pada Tablet
  • Kontroller game
USB OTG Android - kontroler game
USB OTG sebagai Adapter Kontroler Game / joystick
Ciri - Ciri Android Bisa menggunakan USB OTG
Banyak pertanyaan Apa saja ponsel android / tablet yang bisa OTG?
Dikutip dari berbagai sumber, bahwa ternyata tidak semua Android bisa menjalankan OTG, hal itu dikarenakan tidak semua kernel android support USB OTG. Kami berkesimpulan USB OTG tidak bergantung pada type atau merk android yang anda gunakan, namun bergantung dari kernel android anda apakah support atau tidak.

Lalu bagaimana Kita bisa mengetahui cici android support OTG. sebuah aplikasi sederhana bernama "USB OTG Checker" yang terdapat di Play Store mampu mendeteksi / mengetahui apakah perangkat android anda support USB OTG atau tidak, [ untuk mengecek perangkat android anda selengkapnya baca dan download USB OTG Checker, Klik Disini ]

Harga USB OTG
Dari pengamatan kami harga USB OTG bervariasi tergantung merk, type dan fungsi OTG tersebut. Perkiraan Harganya berada dikisaran 50ribu, ( bisa kurang atau bisa lebih )

Dimana Membeli USB OTG
Saat ini sudah banyak orang yang menawarkan USB OTG secara online dengan harga yang bervariasi, anda juga bisa membeli di konter terdekat. Namun kami sarankan untuk membeli USB yang bisa Anda coba sendiri terlebih dulu, karena USB OTG bervariasi dan bisa saja tidak kompatible dengan perangkat Android Anda.

Bagaimana Cara menggunakan USB OTG
Pada beberapa perangkat mungkin perlu perlakuan khusus seperti terlebih dulu di rooting, atau memerlukan software / aplikasi Android tambahan seperti ES File EXplorer, atau Aplikasi android lainnya yang khusus untuk menjalankan OTG.
Baik, untuk cara-cara menggunakan USB OTG pada Android akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Resiko menggunakan USB OTG
Setiap hal apapun yang berkaitan dengan oprek android pasti ada resikonya, resiko yang paling sering terjadi adalah rusaknya memory / flashdik karena perbedaan system.

Hal - hal lain berkenaan dengan USB OTG akan kita bahas lagi nanti. untuk tanya jawab bisa menghubungi fanfage facebook kami, KLIk: Aplikasi Android Indonesia
update, telah hadir FlashDisk OTG, baca : Flashdisk untuk Android OTG
terima kasih, semoga bermanfaat.
-->