Android 5.0 Lollipop - Nama OS Android Versi Terbaru

Android 5.0 Lollipop - Nama OS Android Versi Terbaru
Android 5.0 Lollipop - versi terbaru Android

Tanpa acara khusus dan terkesan diam - diam akhirnya google meluncurkan versi terbaru dari System Operasi android. Setelah beberapa bulan yang lalu didahului dengan diluncurkannya android L Developer Preview [ khusus untuk para pengembang aplikasi, games dan vendor perangkat android ]. Sudah bisa ditebak bahwa inisial versi dari android terbaru ini adalah "L", meskipun begitu banyak pihak yang menebak - nebak nama versi terbaru dari android tersebut. Beberapa nama yang sempat muncul diantaranya; Licorice, lemon drop, Lime Pie Meringue dan banyak lagi. Namun pada akhirnya melalui blog resmi android pada hari rabu tanggal 15 Oktober 2014, Google resmi merilis Android Lollipop untuk nama android versi 5.0 terbarunya.


Android 5.0 Lollipop

Fitur dan kelebihan Android Lollipop

"Be Together. Not The Same" Tagline tersebut seolah mengisyaratkan bahwa biarpun berbeda tapi tetap bersama-sama menggunakan android.
Kabarnya Lollipop dibuat untuk bisa dipakai oleh pengguna dengan perangkat yang berbeda ukuran layarnya, seperti smartphone, tablet, hingga televisi yang menjalankan sistem operasi Android.

* Untuk Fitur baru dan kelebihan android 5.0 Lollipop akan kita bahas pada artikel selanjutnya. baca disini: 10 kelebihan Android lollipop

Nama - Nama Android

Penamaan dari masing masing versi android memang unik. Terhitung Sejak April 2009, versi Android dikembangkan dengan nama kode yang dinamai berdasarkan makanan pencuci mulut dan penganan manis. Masing-masing versi dirilis sesuai urutan alfabet, diantaranya adalah :
  • Cupcake ( Android versi 1.5 ),
  • Donut ( Android versi 1.6),
  • Eclair ( Android versi 2.0–2.1),
  • Froyo / frozen yogurt ( Android versi 2.2–2.2.3 ),
  • Gingerbread ( Android versi2.3 – 2.3.7 ),
  • Honeycomb ( Android versi 3.0 – 3.2.6),
  • Ice Cream Sandwich (Android versi 4.0 – 4.0.4),
  • Jelly Bean ( Android versi 4.1 – 4.3 ),
  • KitKat ( Android versi 4.4+ ).
  • Lollipop ( Android versi 5.0 )
  • Selanjutnya mungkin android M [ ??? ]
Mungkin diantara kita juga bisa menebak nama selanjutnya dari versi android nanti, bisa dipastikan akan berawalah huruf "M", Kira kira apa ya ?

Smartphone pertama dengan Android 5.0 Lollipop

Nexus 6 dan Nexus adalah perangkat android pertama yang menggunakan system Operasi terbaru Android 5.0 Lollipop. Seperti biasa Google selalu merilis smartphone berbarengan dengan perilisan system Operasi terbarunya dan kini Motorola terpilih sebagai brand untuk merilis smartphone besutan google tersebut. Beberapa pendahulunya diproduksi oleh produsesn yang berbeda seperti Nexus 0ne oleh HTC [ ponsel pertama dengan Operating system - OS Android ], Samsung Galaxy Nexus, Nexus 4 oleh LG dan Nexus 5 oleh LG juga.

Kali ini google merilis dua produk secara langsung. Selain Nexus 6 Google juha merilis Nexus 9 tablet yang dibuat oleh HTC. Tablet google sendiri sebelumnya pernah merilis Nexus 7 oleh ASUS dan Nexus 10 oleh Samsung.
Baca juga : Spesifikasi lengkap Nexus 6

Kapan Android Lollipop menyambangi Smartphone Android lainnya ?

Smartphone pertama yang akan merasakan update adalah smarphone buatan google yaitu serie nexus dan serie google play. Kabarnya Android 5.0 Lollipop ini akan segera bisa didapatkan untuk perangkat android selain nexus. Namun perlu diketahui mungkin tidak akan semua pruduk bisa segera mendapatkan Android Lollipop, hal ini tergantung dari produsen pembuat smartphone itu sendiri apakan menyediakan update system atau tidak.
-->