Facebook Lite - Aplikasi Facebook Ringan, Cepat dan Hemat Quota Internet

Facebook Lite - Aplikasi Facebook Ringan, Cepat dan Hemat Quota Internet
Aplikasi Facebook untuk Android Low End

Tidak bisa dipungkiri bahwa Aplikasi Facebook untuk Android adalah salah satu aplikasi android yang paling boros RAM, begitu banyak memory yang dibutuhkan. Kabar lain juga menyebutkan bahwa aplikasi facebook menyedot banyak penggunaan baterai. Hal tersebut tentunya tidak bermasalah bagi pengguna android dengan spesifikasi baik, namun kadang akan sangat terasa berat jika digunakan pada ponsel android keluaran lama dengan spesifikasi terbatas.

Facebook sendiri menyadari hal tersebut dan dibuatlah sebuah aplikasi baru bernama "Facebook Lite". Fungsinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi facebook biasa, hanya saja dengan fitur yang lebih disederhanakan dan dirancang agar tidak terlalu menguras penggunaan internet. Hal ini memang sengaja ditujukan bagi pengguna kelas bawah dengan ponsel android spesifikasi rendah agar lebih ringan dan hemat quota Internet.

facebook lite
Facebook Lite

Aplikasi Facebook lite resmi

Yap tidak seperti aplikasi facebook yang beredar saat ini kebanyakan menawarkan fitur yang cepat dan ringan namun bukan merupakan produk asli buatan dari facebook. Kali ini benar benar asli buatan facebook. Kekurangannya ada pada tampilan yang terlelu sederhana, jika terbiasa menggunakan aplikasi facebook tentu kita akan sedikit terganggu dengan tampilan gambar yang dikompresi sedemikian rupa sehingga tampak blur atau kecil tidak begitu jelas. begitu pula dengan beberapa fitur penting yang dihilangkan, seperti fitur check in dan lainnya. Tapi tujuannya jelas agar facebook terasa ringan dan tidak menguras penggunaan internet.

Aplikasi Facebook Ringan, Cepat dan Hemat Quota Internet

Facebook Lite ini merupakan versi penyederhanaan dari situs mobile Facebook, hal serupa yang pernah diterapkan pada tahun 2009-2010 lalu. Kita Tidak akan menemukan tampilan facebook yang dinamis, tampilannya tampak lebih flat dan sederhana namun memang hal itu yang menyebabkan aplikasi ini terasa lebih ringat dan cepat. Akan tetapi beberapa fitur modern juga disematkan, seperti push notification dan juga telah terintegrasi dengan kamera hal ini terkait agar pengalaman pengguna dapat menyerupai aplikasi Facebook di smartphone premium.

Peluncuran Facebook Lite ditenggarai sebagai strategi facebook untuk menyasar para pengguna baru terutama di Negara berkembang dengan pengguna kelas bawah yang menggunakan smartphone android dengan spek dan kualitas Internet terbatas. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan android One di India [ dan segera menyusul Indonesia dan negara berkembang lainnya ] yang dipasarkan dengan harga murah khusus untuk pengguna android kelas bawah.


Tampilan Aplikasi Facebook Lite

gambar Aplikasi Facebook lite
Facebook lite Screenshot

Download Aplikasi Facebook Lite Android

Ukurannya Sangat kecil hanya sekitar 251Kb. Aplikasi ini bisa di instal untuk android 2.2 Froyo keatas dan memang sengaja dibuat untuk android kelas bawah.
Sayang sekali saat kami ingin mencobanya ternyata aplikasi ini tidak tersedia di play store untuk negara Indonesia. Namun jangan khawatir bagi yang ingin segera mencobanya anda bisa mendownload facebook lite disini :

Download Facebook Lite Apk
-->