Fitur Baru dan Kelebihan Android 5.0 Lollipop

Fitur Baru dan Kelebihan Android 5.0 Lollipop
Fitur Baru dan Kelebihan Android 5.0 Lollipop

Google baru saja meluncurkan versi terbaru Android yaitu versi 5.0 Lollipop. Tanpa sebuah acara peluncuran khusus System Operasi [ OS ] terpopuler di dunia saat ini akhirnya resmi meluncur dengan nama lollipop [baca juga : Nama versi terbaru Android 5.0 Lollipop ]
Apa saja kelebihannya ?  Berikut kami bahas kelebihan serta fitur baru dari Android Lollipop ini [ diterjemahkan secara bebas dari situs resmi android, disini ].

logo android lollipop
Android 5.0 Lollipop logo
10 Fitur baru dan kelebihan Android Lollipop
Berikut Hal yang wajib diketahui seputar Android 5.0 Lollipop :

Material Design

Tampilan antar muka yang lebi segar, lebih berani bermain dengan warna dan lebih responsive untuk digunakan disemua ukuran layar.
Hal ini menjadi standar baru untuk bagaimana tampilan Aplikasi Android seharusnya dikembangkan, desain dan tampilan akan jauh lebih cantik dan menarik, tujuannya tentu saja menambah kenyamanan penggunanya.

Notifikasi

Terjadi banyak perubahan dari sisi Notifikasi atau pemberitahuan. Lebih ringkas dan lebih cerdas, dengan Lollipop kita bisa mengatur apa saja notifikasi yang bisa kita terima, kapan saja waktu yang tepat untuk menerima notifikasi dan kita tidak akan terganggu dengan pemberitahuan meskipun sedang memainkan media atau bermain games sekalipun. Pemeritahuan sms misalnya akan muncul dan bisa segera membalasnya tanpa perlu masuk ke aplikasi perpesanan.

Baterai lebih Hemat dan Awet

Salah satu Fitur baru Android Lollipop adalah Battery Saver, Ketika baterai sudah mulai habis aktifkan fitur ini maka bisa memperpanjang umur baterai kira-kira sampai 90 menit sebelum menngecasnya kembali. Terdapat juga perkiran berapa lama baterai bisa terpakai atau berapa lama waktu yang kita habiskan saat mengecas semuanya tersedia dalam pengaturan baterai.

Keamanan

Semua data di dalam memory Android Lollipop akan terenkripsi secara otomatis, hal ini bertujuan untuk mengamankan data dan berjaga - jaga seandainya smartphone kita hilang atau dicuri. Lollipop juga bisa di setting untuk mengunci sendiri dan tidak bisa di reset ulang oleh orang yang bukan pemiliknya.
- SELinux meningkatkan pertahanan dari kemungkinan terjangkitnya malware atau aplikasi yang tidak dikendaki lainnya seperti virus dan lainnya.
- Android Smart Lock untuk mengamankan android dengan memasangkannya dengan perangkat terpercaya seperti android wear, misal jam tangan pintar atau bahkan dengan mobil anda.

Berbagi perangkat

- Multiple users - Fitur canggih ini memungkinkan kita untuk mengakses ponsel android kita dari ponsel android orang lain. dengan syarat kedua ponsel tersebut menggunakan android lollipop. Misalnya ketika ponsel kita ketinggalan di rumah kita masih bisa mengakses SMS, menelpon, dan melihat galeri foto hanya dengan login ke hape teman kamu yang juga sudah pakai Lollipop.
- Guest User - Pengguna tamu, dengan fitur ini kita bisa meminjamkan ponsel kita tanpa takut hal pribadi kita dilihat oleh orang lain karena orang lain membuka ponsel kita sebagai akun yang lain.

Pengaturan cepat yang diperbarui

Meskipun bukan fitur baru namun terjadi perbaik dari fitur ini yang berfungsi untuk aksescepat kepengaturan seperti mematikan wifi, data internet, GPS, , kecerahan layar dan pengaturan yang sering digunakan lainnya.

Perbaikan konektivitas

Perbaikan pada konektivitas internet Lollipop ini terasa ketika perpindahan koneksi, misalnya ganti dari Wifi ke Data, dan sebaliknya. Ganti jaringan tapi nggak pakai putus. Kini juga Lebih hemat daya saat menggunakan bluetooth.

Runtime dan Performa

Android Runtime [ ART ] - Runtime ini sama sekali baru, Lebih cepat, lebih halus dan lebih kuat. Secara sedrehana Android Runtime adalah dasar dari android, bisa di ibaratkan sebagai pondasi awal pembentuk android. Dari sinilah semua aktivitas android di handle. Sebelumnya google menggunakan dalvik, ART ini diklaim dapat berjalan 4 kali lebih cepat dari runtime sebelumnya. Lebih kaya secara visual dan lebih masmpu melakukan banyak hal termasuk multitasking.
Mendukung penggunaka CPU 64bit secara penuh.

Media

Perbaikan dari sisi kamera audio dan video.
- mendukung USB audio, seperti USB microphone, speaker, dan fitur audio lainnya.
- RAW Image untuk fitur fotografi dan kamera - Lollipop mengijinkan aplikasi kamera untuk mengakses RAW image dari foto yang diambil. secara sederhana RAM adalah format foto mentah hal ini akan sangat berguna bagi mereka yang hobi fotografi. Terlebih dengan berbagai dukungan untuk fitur terbaru kameranya serta pengambilan video.

Dukungan Android TV

memberikan akses lebih banyak ke google TV seperti browsing dengan voice searh, menonton youtube, bermain game android di TV dan lain sebagainya

Dukungan bahasa

Sedikitnya kini tersedia dengan lebih dari 68 bahasa di dunia, termasuk dengan penambahan 15 bahasa baru.

Selain yang kami sebutkan diatas sebenarnya masih ada banyak Fitur Baru dan Kelebihan Android 5.0 Lollipop ini, pada kesempatan lain mungkin akan disinggung lebih detil.
-->