Spesifikasi Nexus 6 - Smartphone Pertama dengan OS Android Lollipop

Spesifikasi Nexus 6 - Smartphone Pertama dengan OS Android Lollipop
Google Nexus 6 dibuat Oleh Motorola

Sudah menjadi tradisi bagi Google untuk mengeluarkan smartphone saat peluncuran OS terbaru, begitu pula saat meluncurkan Android Lollipop google meluncurkan smartphone berbasis system Operasi versi terbarunya tersebut.  Jika sebelumnya google menggandeng Samsung untuk Galaxy Nexus saat peluncuran Android Ice Cream Sandwich, LG untuk Nexus 4 saat peluncuran Android Jeelly Bean dan Kembali dengan LG saat mengeluarkan Nexus 5 bersamaan dengan peluncuran Android KitKat. Kali ini Google bekerja sama dengan Motorola,Smartphone terbaru tersebut diberi nama Nexus 6.
Spesifikasi Nexus 6 - Smartphone Pertama dengan OS Android Lollipop
Motorola Nexus 6 ini mengambil semua kelebihan dari Android Lollopop terbaru, baik dari sisi teknologi maupun fitur. Kemampuan multi tasking yang lebih ditingkatkan, hemat batre dan tahan lama dengan berbagai fiturnya, termasuk hemat baterai penggunaan bluetooth. Fitur kamera yang titingkatkan, tampilan baru Material design dan lain sebagainya. Tak salah jika banyak pengamat yang menyatakan bahwa google selalu mengeluarkan Smartphone android sebagai standar baru bagi ponsel dijamanya.

Bagi pengembang Aplikasi memiliki smartphone Nexus adalah sebuah keharusan karena inilah smartphone android dengan cita rasa asli android. Kita ketahui beragam produsen smartphone android telah merombak / memodifikasi tampilannya sendiri - sendiri, seperti samsung dengan toucWiz, HTC dengan HTC sense, Xperia UI untuk Sony, MIUI untk Xiami dan lain sebagainya.


Spesifikasi Motorola Nexus 6

Karena dibuat oleh Motorola sah sah saja menyebutnya sebagai Motorola Nexus 6, atau karena diluncurkan oleh Google lantas kita menyebutnya sebagi Google Nexus 6.

Berikut ini spesifikasi, Fitur dan kelebihan Google Nexus 6.

Desain
Desain tipis khas melengkung di setiap sudut google nexus tetap dipertahankan, dengan setiap sisi meruncing hal ini berakibat kamera yang berada ditepi atas tampak menyembul.
Ukuran layarnya sendiri sebesar 6 inci [ 5,96 inci ] cukup besar bahkan beberapa orang menyebutnya dengan nama phablet [ ukuran andatara phone and tablet ].

Dapur pacu
Menggunakan prosessor Quadcore buatan Qualcomm berkekuatan 2,7 GHz [ Qualcomm Snapdragon 805 ], meskipun kabarnya Android lollipo juga mendukung arsitektur 64bit sepertinya belum diterapkan pada google nexus ini. Untuk melengkapi kedahsyatannya disematkan RAM sebesar 3GB, selain itu terdapat pilihan memory Internal sebesar 32 GB atau bisa memilih yang 64 GB tanpa kartu memory eksternal.

Hiburan
Layar yang besar, prosesor yang kuat, RAM dan memory yang besar akan memanjakan kita menikmati hiburan. Kamera belakang sebesar 13 Mega Pixel ditambah dengan berbagai fitur baru dari Android Lollipop untuk fitur kamera akan memanjakan mereka yang hobi narsis dan fotografi.

Baterai
Seperti serie Nexus lainnya kali ini juga tetap menggunakan baterai berjenis Li Po dan tidak dapat dibuka [ non removable ]. Kapasitasnya cukup besar 3220 mAh, ditambah kemampuan untuk dapat bertahan hidup selama 90 menit walaupun hanya di charge selama 15 menit. Kemampuan lainnya adalah mapu bertahan hidup selama 90 Menit jika kita mengaktifkan baterrry safer saat hp nexus ini mulai lowbat. Sebuah fitur yang akan sangat berguna bagi yang sering beraktifitas dengan smartphone di luar rumah.


Spesifikasi Nexus 6 - Smartphone Pertama dengan OS Android Lollipop

Spesifikasi Lengkap Motorola Nexus 6
Motorola Nexus 6 sendiri terdapat beberapa varian seperti XT1100 dan XT1103 [ LTE ] akan dipasarkan ke 28 Negara mulai Akhir oktober 2014. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Jaringan
2G - GSM / CDMA 800 / 1900 - XT1103
3G - HSDPA 800 / 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100 untuk XT1100 dan HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 untuk XT1103
4G - LTE [ model XT1103 ]
Nani SIM

Ukuran
Dimensi : 159.3 x 83 x 10.1 mm (6.27 x 3.27 x 0.40 inci)
berat : 184 g (6.49 oz)

System Operasi
OS Android 5.0 Lollipop

Layar
Ukuran : 5,96 inci [ dibulatkan 6 inci ],
resolusi : 1440 x 2560 pixels (~493 ppi pixel density)
teknologi dan fitur : layar AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, MultiTouch, dilengkapi pengaman anti gores Corning Gorilla Glass 3

Prosessor
CPU : Quad-core 2.7 GHz Krait 450, Qualcomm Snapdragon 805
GPU : Adreno 420

Memori / penyimpanan
Internal : Terdapat 2 pilihan Memory internal 32 GB dan 64 GB
RAM : 3 GB
Eksternal : Tidak ada slot kartu memori

Kamera
Kamera utama / belakang : 13 MP, resolusi 4128 x 3096 pixels.
Fitur : autofocus, optical image stabilization, dual-LED (ring) flash, Dual recording, geo-tagging, touch focus, face detection, photo sphere, panorama, HDR
rekam Video : 2160p@30fps, optical stabilization
Kamera depan : 2 MP

Konektivitas
Data : GPRS, EDGE, 3G - HSDPA, 3,5G - HSUPA, 4G - LTE
Wi-Fi : 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetooth : v4.0, A2DP, LE
mendukung NFC
USB : microUSB v2.0 (SlimPort), USB Host, USB On-the-go [ USB OTG ]

Fitur Lainnya
Sensor : Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
GPS : A-GPS, GLONASS
Java MIDP emulator,
Wireless Charging ( Qi-enabled )
quick charge, batery safer
tidak ada radio FM
anti air
dll

Warna
Midnight Blue, Cloud White

Batterai
Li-Po 3200 mAh battery
tidak dapat dibuka


Harga Nexus 6

untuk harga indonesia sendiri belum tersedia, diperkirakan akan mulai menyambangi indonesia pada awal tahun 2015.


Kesimpulan
Nexus 6 ini layak dijadikan patokan smartphone modern saat ini. Bagi anda developer [ pembuat dan pengembang games dan Aplikasi android lainnya anda wajib memiliki ponsel ini karena inilah standarisasi android untuk saat ini.
Semoga bermanfaat.
-->