Setting VPN Android - Apa itu VPN dan bagaimana penerapannya untuk android

Setting VPN Android - Apa itu VPN dan bagaimana penerapannya untuk android
Cara Setting VPN android
VPN Android - Apa itu VPN dan bagaimana penerapannya untuk android

Apa itu VPN ?
VPN Adalah singkatan dari Vitual Private Network atau dengan kata lain jaringan Virtual Pribadi untuk mengakses jaringan pribadi yang terhubung secara virtual melalui jaringan publik dalam hal ini adalah internet.
Jaringan Pribadi disini dapat diartikan sebuah jaringan yang diperuntukan untuk digunakan oleh sekelompok yang memiliki hubungan yang memerlukan koneksi aman misalnya perusahaan, instansi bahkan perorangan. sebagai contonya adalah jaringan perusahaan yang memerlukan mengakses antar komputer perusahaan dan karyawannya yang mungkin berada di luar gedung atau mungkin berbeda kota / daerah misalnya kantor cabang. antar komputer ini saling mengirimkan data penting perusahaan yang bersifat rahasia perusahaan misalnya, Nah untuk mensiasatinya dibuatkanlah VPN agar hubungan antar komputer kantor pusat dan cabang dapat dilakukan dengan aman dan lancar tanpa gangguan, hemat biaya, dan remote akses kesiap jaringan yang terhubung. Secara Singkat mungkin dapat diartikan seperti diatas, meskipun pada penerapanya mungkin bisa berbeda dan memiliki fungsi yang lebih luas dari itu.

Seperti untuk saat ini VPN tidak hanya digunakan sebagai sarana aman untuk berhubungan antar jaringan. Banyak pengguna Internet yang memanfaat kelebihannya salah satunya vpn digunakan untuk akses internet gratis atau menghemat penggunaan biaya internet agar mendapatkan kecepatan koneksi internet yang maksimal. Atau kelebihan lainnya dimanfaat sebagai tunelling atau untuk bypass firewall juga bisa dimanfaat sebagai cara untuk membongkar koneksi internet yang diblokir, misalnya membuka situs-situs / website tertentu yang diblokir penyedia layanan internet (ISP).
namun kita akan membahas lebih jauh trentang Trik internet gratis menggunakan VPN, atau trik membuka situs yang di blokir menggunakan VPN.

Untuk saat ini akses VPN tidak hanya bisa dinikmati oleh komputer namun juga sudah bisa digunakan VPN untuk Android dan smartphoone / ponsel pintar / tablet lainnya seperti: iPhone VPn, ipad,  blackberry, symbian, windows phone. Selanjutnya bagaimana setting VPN Android ?

Cara Setting VPN android
Harus dipahami bahwa apa tujuan kita untuk menggunakan VPN ? jika anda ingin mengakses VPN android untuk internet gratis mungkin settingannya akan sedikit berbeda dengan settingan untuk mengakses VPN antar perusahaan. di google play store sendiri banyak sekali terdapat aplikasi VPN android baik yang gratis maupun yang berbayar dengan berbagai fungsi dan tujuan masing-masing, diantaranya adalah VPN in Touch, Hotspot Shield VPN, Vpn One Click dan banyak lagi. Namun setting VPN secara garis besar dapat dilakukan secara berikut, setting manual ini tidak menggunakan aplikasi android apapun.

turorial setting VPN Android

1. Buka Pengaturan / settings
anda akan menemukan pilihhan pengaturan seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih "Wireless & Network" seperti gambar
setting VPN android

2. Setelah memilih "Wireless & Network" akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini dan pilih "VPN settings"

setting VPN android

3. Setelah "VPN settings" akan mencul pengaturan seperti gambar dibawah ini

setting VPN android

4 . Pengaturan selanjutnya disesuaikan dengan server VPN itu sendiri seperti User Name dan Password yang mungkin akan berbeda untuk setiap penyedia layanan VPN, bahkan untuk beberapa server dengan fungsi dan tujuan tertentu juga menyediakan Aplikasi VPN Android tersendiri.

Untuk settingan internet gratis VPN Android saat ini kami tidak menyediakanya, dan untuk aplikasi VPN android dapat di download di google Play store. Mungkin pada kesempatan lain kita akan membahasnya.

Itulah penjelasan singkat seputar VPN Android dan cara setting VPN android, semoga bermanfaat.
-->