Mengubah Nada Dering SMS Android dengan Ringtones mp3

Mengubah Nada Dering SMS Android dengan Ringtones mp3
Mengubah Nada Dering SMS Android dengan mp3

Setelah berbagai beberapa ringtone / nada dering unik untuk android serta cara memotong lagu mp3 di hp android kini muncul beberapa pertanyaan dari teman-teman sesama pengguna android yaitu bagaimana cara mengganti nada dering Sms di hp android / nada sms android / notifikasi sms android.

nada dering android musik mp3


Harus diakui memang salah satu kekurangan android adalah tidak bisa mengganti nada dering sms dengan lagu mp3 atau dengan ringtone lainnya. namun kita masih dapat menggantinya dengan beragam pilihan yang telah tersedia dan mungkin setiap device android berbeda-beda (bawaan hp android tersebut).

Hal yang sama juga terjadi untuk nada notifikasi lainya seperti alarm, pemberitahuan email, alert dan notifikasi lainya, semuanya telah disediakan dengan nada bawaan tersendiri. Meskipun untuk nada ringtone / panggilan telepon kita dapat dengan mudah menambahkan lagu dengan langsung klik lagu tersebut dan set as ringtone. Namun bagi yang tetap ingin menggunakan rintone tersediri atau ingin menambah pilihan nada deringnya karena ringtone bawaan sangat terbatas dan terasa membosankan terutama untuk nada sms anda bisa menggunakan tips berikut ini.

Trik Mengubah Nada SMS Android dengan mp3 lagu atau ringtone lainya
Trik mengganti Ringtone sms android dengan mp3 ini sebenarnya adalah trik lama alias jadul, namun masih sangat ampuh dan tidak ada salahnya untuk dicoba. Perlu diketahui ini adalah trik sederhana dan tidak memerlukan hp android yang telah di rooting dan bisa digunakan di hampir semua android.
Cara ini juga bisa digunakan untuk mengubah nada pemberitahuan, nada alarm, dan nada e-mail pada ponsel Android kamu.

Berikut cara mengubah ringtone/notifikasi sms Android dengan lagu/mp3 sendiri:
  1. buka file saya atau file manager
  2. buka SD Card atau kartu memory
  3. buat folder baru dengan nama: "media" (ingat tidak memakai tanda kutip)
  4. dalam folder "media" tersebut kemudian buat lagi folder dengan nama "audio"
  5. kemudian buat lagi folder dengan nama "notifications"  (catatan: pada beberapa hp Android folder tersebut kadang sudah tersedia)
  6. Selanjutnya sekarang kita copy / salin / pindahkan lagu mp3 atau ringtone yang ingin ditambahkan ke folder notifications baru tersebut, atau strukturnya menjadi seperti ini :
    sdcard/media/audio/notifications 
    (selain mp3 anda juga bisa menambahkan ringtone wav. dan file musik lainya)
  7. Untuk mengubah nada sms bisa langsung buka kotak pesan, pilih pengaturan > nada dering maka disana akan muncul ringtone mp3 yang kita tambahkan tadi
Anda juga bisa menggunakan trik diatas untuk mengganti nada dering lainnya seperti nada alert, pemberitahuan, nada alarm, dan nada e-mail :
  1. Urutanya sama dengan diatas hanya perlu menambahkan folder baru di dalam folder "audio" dengan nama: "alarm" dan "ringtones". Jadi, strukturnya seperti berikut:
    1. sdcard/media/audio/alarms -----> ini untuk menambahkan nada alarm
      sdcard/media/audio/ringtones -----> ini untuk menambahkan nada dering/ringtone / panggilan telepon
  2. selanjutnya adalah pindahkan / salin mp3 atau ringtone favorit kamu ke folder tersebut.
  3. buka Pengaturan -> Sound -> Ringtones dan Notifications maka akan muncul lagu mp3 atau ringtone yang telah kita tambahkan.
    Itulah cara sederhana mengubah nada sms Android dengan lagu mp3.
    semoga membantu,
    -->