Xiaomi - Produsen Smartphone Android murah berkualitas

Xiaomi - Produsen Smartphone Android murah berkualitas

Ulasan Lengkap tentang Xiaomi

Sekilas tentang Xiaomi

Apple dari China

Akhir-akhir ini mungkin kita sudah sering mendengar nama "Xiaomi", lalu apa itu Xiaomi ?
Xiaomi adalah sebuah perusahaan pribadi yang mendesign, mengembangkan, dan menjual perangkat Konsumer yang meliputi, smartphone, aplikasi, dan perangkat elektronik konsumer. -sumber: wikipedia

Untuk perangkat ponsel android Xiaomi adalah produsen hp murah berkualitas dari china tapi tidak murahan.
logo Xiaomi
Logo Xiaomi
Sementara dikutip dari situs resminya, Xiaomi adalah perusahaan mobile internet yang didedikasikan untuk menciptakan semua aspek berdasarkan pengalaman pengguna. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan telah cepat menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Cina. Perusahaan saat ini memiliki nilai lebih dari 10 miliar USD dan memiliki lebih dari 3000 karyawan. Dan saat ini terus berkembang menjadi salah satu produsen ponsel terbesar di dunia.

Portofolio produk utama Xiaomi meliputi:
  • Xiaomi Phones: Smartphone berkualitas tinggi dengan System Operasi Android
  • MIUI ROM: ROM / CostumROM buatan Xiomi yang berbasis android namun dengan tampilan antar muka yang berbeda.
  • MiTalk: aplikasi messaging / chatting popiler di cina (sering disebut sebagai BBM-nya cina)
  • MiBox: perangkat set-top box yang memperkaya pengalaman TV Anda
  • MiTV - produk Smart Televisi dengan sistem Android
  • MiWiFi - produk router
  • MiCloud - Penyimpanan awan dan komputansi awan mirip iCloud dari apple
sumber: situs resmi Xiaomi http://www.xiaomi.com/

Smartphone Android Xiaomi

Smartphone pertamanya dirilis pada tahun 2011. Harga yang murah serta berkualitas tinggi adalah kelebihan dari smartphone yang mengandalkan Android sebagai sistem operasinya itu. Dengan strategi pasar yang baik Xiaomi menjaring para pengguna loyalis bahkan dalam peluncurannya selalu disesaki pada penggemarnya, sebuah perangkat yang jadi idola baru.

Sistem penjualan yang baik Menekan harga semurah mungkin

Sistem penjualannya sendiri menggunakan penjualan online yang menjadi strategi tersendiri. Pola penjualan online ini menghebat biaya pemasaran [ kirim barang ke retail, biaya iklan ditelevisi dan sebagainya ] sehingga harga ponsel buatan Xiaomi bisa ditekan semurah mungkin. Jadi asalan mengapa Xiomi murah itu bukan terletak pada komponen yang asal - asalan melainkan menghemat / mengurangi biaya dan pengeluaran lain seperti yang disebutkan diatas.
Strategi pemasaran Xiaomi yang baik itulah yang sering disebut mirip dengan dengan strategi pemasaran Apple (iphone, ipad, iPod dll ), sehingga banyak yang menyebut Xiaomi sebagai Apple-nya China.

Dan saat ini Xiomi terus berkembang dan menjelma menjadi sebuah merk terkemuka di China bahkan sebuah sumber menyebutkan bahwa Xiome adalah merk hp yang paling banyak digunakan ke-5 di China.

Xiaomi Mi3 Hp Android
Xiaomi Mi3 - 100ribu ludes dalam 86 detik
Hugo Barra
Secara mengejutkan pada bulan agustus 2013 Xiomi mengumumkan telah merekrut Hugo Barra sebagai vice President / wakil presiden Xiaomi grobal dalam rangka ekpansi penjualan ke luar china ( go internasional.
Yang mengejutkan tentu Siapa itu Hugo Barra ? ia adalah petinggi Google yang menempati posisi wakil presiden pengembangan produk Android. Jelas sudah Xiaomi bukanlah perusahan ponsel sembarangan dan secara tegas sedang berusaha melebarkan pasarnya ke luar china.

MiUI ROM

Ini adalah system Operasi buatan Xiaomi yang berbasis Android (AOSP - Android Opensource Project). Android memang membebaskan para produsen untuk merombak tampilan atau memberikan tampilan berbeda untuk setiap produknya. Kita tau Samsung terkenal dengan TouchWiz UI, Sony dengan Xperia UI, HTC dengan HTC Sense.

Namun yang dimiliki oleh MiUI ROM sedikit berbeda, ini adalah sebuah costumROM meskipun tetap berbasis Android, bahkan bisa diterapkan untuk berbagai produk di luar Xiomi seperti samsung dan lainnya. Seperti halnya CyanogenMod.

Dengan kata lain MiUI adalah Android yang telah dikostumisasi / diubah hingga menghasilkan tampilan yang sama sekali berbeda dengan android lainnya. Bahkan sebagian orang menilai lebih mirip dengan tampilan Apple iOS (system Operasi untuk iPhone).
Beberapa produsen smartphone memang memiliki CostumRom tersendiri seperti Oppo yang memiliki system ColorOS atau yang terbaru adalah Nokia X Flatform.
Yang ingin sekedar merasakan tampilan MiUI bisa mencoba sebuah launcher resmi MiHome Launcher, baca cara menggunakannya dan download disini: MiHome Launcher
Kapan Xiaome Hadir Di Indonesia ?

Sebuah kabar menyebutkan saat ini Xiaomi sedang menjajaki kemungkinan hadir di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, setelah pada bulan lalu menyatakan kehadirannya di Singapura.

Kita tunggu saja kehadiran ponsel Android Murah tapi berkualitas ini.
Semoga bermanfaat.

Update :
Pada 15 Januari 2015 Xiaomi meluncurkan phablet kelas premuimnya silakan baca disini : Mi Note Pro Spek Gahar harga Wajar
-->